cover
Contact Name
Peny Husna Handayani
Contact Email
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Phone
+6282216797714
Journal Mail Official
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Usia Dini
ISSN : 2301914X     EISSN : 25027239     DOI : https://doi.org/10.24114/jud.v7i1
Core Subject : Education,
Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. Evaluasi dan asesmen di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 5. Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini 6. Tren Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2: Desember 2015" : 6 Documents clear
PENERAPAN BERMAIN PERAN DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD KUNTUM MEKAR TAHUN AJARAN 2012-2013 Ervina Saraswati
Jurnal Usia Dini Vol 1, No 2: Desember 2015
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.814 KB) | DOI: 10.24114/jud.v1i2.9227

Abstract

Bermain peran dalam pengembangan bahasa anak usia dini kelompok B menggunakan penelitian tindakan kelas( PTK) yang terdiri dari 2 siklus. subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti adalah lembar observasi. Hasil observasi analisis I 15% meningkat menjadi 80%. Dari hasil temuan penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran ini baik untuk diterapkan dalam pembelajaran terutama dalam pengembangan bahasa anak pada Anak Usia Dini Kelompok B di  PAUD Kuntun Mekar Tahun Ajaran 2012-2013.
PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA IBNU HALIM TJ. MULIA HILIR MEDAN Ratna Uli Gultom; Sri Roihanati
Jurnal Usia Dini Vol 1, No 2: Desember 2015
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.754 KB) | DOI: 10.24114/jud.v1i2.9232

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini memiliki populasi yang terdiri dari 3 kelas, yakni kelas A, kelas B dan kelas C yang berjumlah 45 siswa. Dengan menggunakan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak (random) yang masing-masing kelas terdiri dari 15 siswa, dimana kelas A sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan permainan lego dan kelas C sebagai kelas kontrol yang menggunakan permainan puzzle. Instrument pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Untuk mendeskripsikan data penelitian digunakan teknik analisis statistik deskriptif, dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 10,2 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8, dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 6,06 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 4. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan terlihat bahwa thitung = 10,324 > ttabel = 1,701 yang menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : “Ada pengaruh yang signifikan antara permainan lego terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di R.A Ibnu Halim Tj. Mulia Hilir Medan”.
UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI GERAK DAN LAGU Kamtini Kamtini; Sri Rahayu
Jurnal Usia Dini Vol 1, No 2: Desember 2015
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.078 KB) | DOI: 10.24114/jud.v1i2.9231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui gerak dan lagu di PAUD Ananda Medan Amplas. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Amplas T.A 2014/2015. Subjek Penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 25 orang ( 14 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan ). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif. Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Hasil analisis data setelah diberikan tindakan 1 yaitu melalui gerak dan lagu adalah terdapat 4 orang anak (16%) yang memiliki kecerdasan kinestetik baik, 10 orang anak (40%) yang memiliki kecerdasan kinestetik cukup dan 11 orang anak (44%) yang memiliki kecerdasan kinestetik kurang. Pada siklus I kecerdasan kinestetik rata-rata 1,74. Hasil analisis data pada siklus II dari 25 orang anak terdapat 18 orang anak (72%) yang memiliki kecerdasan kinestetik baik, 7 orang anak (28%) yang memiliki kecerdasan kinestetik cukup dan tidak ada yang memperoleh kecerdasan kinestetik kurang. Pada siklus II ini kecerdasan kinestetik rata-rata 2,68.  Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang positif bahwa dengan gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Amplas
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALU I KEGIATAN MENARI PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI PAUD AZHURA MEDAN MARELAN T.A201 2 /201 3 Cahaya Murni
Jurnal Usia Dini Vol 1, No 2: Desember 2015
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.329 KB) | DOI: 10.24114/jud.v1i2.9226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan kegiatan menari melayu di PAUD Azhura Medan Marelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Azhura Medan TA 2012/2013. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 31 orang.Proses penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan data  menggunakan lembar observasi.Hasil analisa setelah diberikan tindakan I yaitu kegiatan tari melayu, rata-rata kemampuan motorik kasar anak sebesar 36,77%., Pada siklus II  rata-rata sebesar perkembangan motorik kasar 90,32%.  Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kegiatan tari melayu pada pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) Winda Andasari
Jurnal Usia Dini Vol 1, No 2: Desember 2015
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.414 KB) | DOI: 10.24114/jud.v1i2.9229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di TK AN-NISA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK AN-NISA Medan. Subjek penelitian adalah anak kelas B Pelangi yang berjumlah 12 orang. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil analisa setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) didapat 2 orang anak (16,67%) yang memiliki kemampuan kognitif baik sekali, 5 orang anak (41,67%) yang memiliki kemampuan kognitif baik, dan 5 orang anak (41,67%) yang memiliki kemampuan kognitif cukup. Pada siklus ini persentase kemampuan klasikal belum tercapai. Hasil analisa pada siklus II, dari 12 orang anak terdapat 9 orang anak (75%) yang memiliki kemampuan kognitif baik sekali, 1 orang anak (8,33%) memiliki kemampuan kognitif baik, 2 orang anak (16,67%) memiliki kognitif cukup. Tidak ada anak yang memiliki kemampuan kognitif kurang baik. Pada siklus ini persentase kemampuan klasikal anak sudah tercapai yaitu sebesar 83,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak 5-6 tahun di TK AN-NISA Medan.
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN Sriwira Wati Ginting
Jurnal Usia Dini Vol 1, No 2: Desember 2015
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.558 KB) | DOI: 10.24114/jud.v1i2.9228

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat disiplin anak di sekolah . Penelitian ini dilakukan di TK Bunga Ncole Kecamatan Tanjung Morawa dengan jumlah anak sebanyak 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan serta mengkaji hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat disiplin anak. Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Selanjutnya data dianalisis dengan análisis deskriptif dimana uji validitas dan reabilitas angket terlebih dahulu dengan menggunakan rumus Product Moment dan uji hipotesis penelitian digunakan rumus Chi-Kuadrat . Berdasarkan análisis data penelitian, kecenderungan pola asuh orang tua adalah permisif dan tingkat disiplin anak sedang. Dan secara statistik diperoleh hasil = 11,85714, pada α= 95% sehingga dapat dilihat   pada Harga Kritik Chi-Kuadrat yaitu 9, 49. sehingga dapat dijelaskan bahwa  (11.85714) > (9,49) yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin orang tua memiliki pola asuh demokratis, maka tingkat disiplin anak dalam mengikuti pembelajaran di sekolah semakin tinggi, sebaliknya semakin orang tua menggunakan pola asuh permisif maka tingkat disiplin anak dalam mengikuti pembelajaran disekolah semakin rendah.  Dengan demikian, dapat dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan tingkat disiplin anak di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6